Jus Buah Bit Ternyata Enak

Dua tahun terakhir ini saya lagi senang mengkonsumsi jus buah bit. Berawal dari potongan sebuah video yang melintas di beranda media sosial. Dalam video tersebut terlihat sedang berada di sebuah pasar di Jakarta, memperkenalkan berbagai macam buah dan sayur, serta membagi beberapa tips kesehatan, termasuk buah bit. Di sinilah awal saya mengenal buah bit, karena sebelumnya terasa asing. Saya bahkan tidak pernah melihat bagaimana rupa dan bentuk buahnya.

Terima kasih videonya, mas Laurent.

Berikut beberapa hal tentang buah bit yang saya rangkum dari berbagai sumber.
Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Umumnya, buah ini hanya digunakan akarnya saja yang terasa manis untuk obat kesehatan. Namun lama kelamaan, daging buah dan daunnya juga dikonsumsi. Di dalam buah bit dapat ditemukan sejumlah nutrisi berikut ini: asam folat, kaliumen, serat, vitamin C, magnesium, zat besi, fosfor, triptofan, caumarin, dan betasianin.
Manfaat buah bit untuk kesehatan, antara lain:
1. Mencegah kanker
2. Detoks alami untuk ginjal dan hati
3. Menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung
4. Mencegah anemia
5. Mengurangi masalah pencernaan
6. Meningkatkan kinerja fisik
7. Baik bagi yang ingin menurunkan berat badan
8. Baik bagi ibu hamil dan janin

Setelah membaca beberapa artikel, saya memutuskan untuk mencoba. Persoalan pertama, di mana saya harus mencari buah bit di Makassar? Google bahkan tidak mempunyai jawaban. Ibu saya yang senang mengelilingi beberapa pasar pun tidak tahu. Saya akhirnya mencoba bertanya ke Vby, salah satu penggiat Komunitas Makassar Berkebun, sekaligus pemilik Macora Kitchen. Kata Vby, ada di supermarket Smart Club, yang ternyata berbulan kemudian saya dapati dibeberapa supermarket (Carrefour, Lotte, Hypermart, dan Giant).

Persoalan kedua, buahnya dijual per-pack dengan harga 50.000. Saya lupa beratnya berapa gram, antara 400-500 gram. Dibandingkan di Jawa, harga 1 kg bit mulai dari 10.000 – 25.000, dua kali lipat dari harga Makassar. Karena dijual per-pack dan harganya cukup mahal, membuat saya sempat dilema, antara pengen beli atau tidak. Kalau beli, ternyata rasanya tidak enak, kan sayang, mahal soalnya, hahahaha. Dan bak pucuk dicinta ulam pun tiba, Vby dengan baik hatinya mau membuatkan, meskipun tidak ada dalam daftar menu Macora Kitchen. Yaiy! Alhamdulillah.

Jus buah bit dicampur wortel dan air lemon yang dibuatkan saat itu rasanya enak. Apapun yang dibuat Macora Kitchen selalu enak, lebih tepatnya. Tapi intinya, jus buah bit masih sangat bisa diterima oleh saya yang agak memilih buah dan sayur mayur untuk dikonsumsi, terutama yang pahit, uh, big no! Karena rasanya tidak masalah, jadilah saya niatkan untuk meminumnya tiap pagi saya sebelum sarapan. Jus buah bit + wortel + tomat, yang kadang ditambah daun seledri / buah naga / apel / pir / anggur. Tambahannya ini menyesuaikan kondisi. Kalau tidak ada, cukup 3 bahan itu saja. 

Takarannya jangan tanya pastinya, saya bikin sesuai selera. Dulu, sampai 3 bulan pertama, saya memakai separuh buah bit ukuran untuk sekali konsumsi. Lama kelamaan, berkurang. Biasanya beli 1 kg bit, kemudian saya potong kecil-kecil. Masukkan 3 sendok makan potongan bit ke plastik bening kecil. Sesudah itu ditaruh di freezer. Satu kg bit bisa buat sekitar 18-20 hari.

Dan berhubung saya bergabung dalam tim malas ribet di pagi hari, jadi bukan cuma bit saja yang saya potong-potong, tapi juga wortel, termasuk buah naga kalau ada. Biar kalau mau bikin, tinggal cemplung, tambah air, blender, saring, jadi deh. Butuh waktu kurang dari 10 menit saja.

 

Resep jus buah bit ala – ala. ((( resep )))
Bahan: Bit yang sudah dipotong (1 plastik / hari), 2 buah wortel ukuran sedang, 1-2 buah tomat, buah lain jika ada, dan 250–270 ml air putih (saya lebih senang memakai air panas / hangat).
Cara membuat: Semua bahan dimasukkan ke dalam blender. Karena sebelumnya sudah saya potong kecil, jadi hanya membutuhkan 1-2 menit saja diblender. Kemudian disaring (kecuali pakai juicer, tidak perlu lagi disaring). Dengan takaran di atas, bisa menghasilkan 2 gelas ukuran 200an ml.

Nah, tertarik untuk mencoba? Tapi ingat, jangan mengkonsumsinya berlebihan. Karena semua apapun yang berlebihan tidak baik. Seperti berlebihan mencintai manusia. Iya, baiqhue.

Tinggalkan komentar