Sembilan Tahun, Dan Tetap Sama

Sembilan tahun lalu, tepat di hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei kemarin, untuk pertama kalinya saya datang ke Sekolah Ahad, sebuah kegiatan belajar mengajar yang dibuat oleh Komunitas Pecinta Anak Jalanan (KPAJ) Makassar. Sekolah Ahad ke-3 sejak berdirinya komunitas ini, 15 Februari 2010 silam.

Foto-foto ini, saya ambil tanggal 2 Mei 2010. Sebelah kiri atas, anak paling depan namanya Andika. Umurnya saat itu 10 tahun. Dia adik Pasukan Bintang pertama yang saya temani belajar matematika. Alhamdulillah, ada juga yang mau jadi percobaan perdana saya mengajar, hahahaha. Berselang setengah jam kemudian, saya baru tahu kalau Andika ternyata belum bisa merangkai huruf menjadi kalimat. Hanya sebatas mengenal abjad saja. Oiya, Pasukan Bintang itu nama panggilan untuk adik-adik jalanan binaan KPAJ.

Sembilan tahun bukanlah perjalanan yang sebentar, tapi juga belum cukup lama. Tapi sudah sangat bisa memberi banyak pelajaran hidup. Terutama tentang peduli, berbagi, kasih sayang, dan tentu saja pentingnya bersyukur.

Sampai dengan April 2019, setiap bulannya KPAJ memberi beasiswa sebesar Rp. 1.150.000 secara rutin untuk 10 Pasukan Bintang. Biaya tersebut di luar keperluan seperti seragam, uang praktikum bagi SMK, kegiatan Sekolah Ahad, dan operasional rumah belajar. Belum lagi jika sudah mendekati tahun ajaran baru, seperti saat ini. Kebutuhan sekolah tentu saja makin meningkat, Tahun ini ada sekitar 20 Pasukan Bintang membutuhkan peralatan dan perlengkapan sekolah.

Untuk itu, melalui program “Gerakan 10.000 Bantu Sekolah”, teman-teman di KPAJ mengajak ibu – bapak – om- tante- kakak – adik yang baik hatinya ikut membantu Pasukan Bintang agar tetap bersekolah. Donasi Rp. 10.000 ini bisa diberikan rutin setiap bulannya, ataupun sekali dua kali. Mau berdonasi lebih dari 10.000? Alhamdulillah.

Nah, ayo, ikut berbagi kebahagiaan bersama adik-adik, dengan bersedekah. Apalagi ini bulan ramadan, bulan penuh berkah, bulan di mana setiap amal akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat.

Saya, kamu – kita semua, bisa ikut membantu komunitas ini agar tetap berjalan. Bisa dengan berpartisipasi di Sekolah Ahad, menyisihkan sedikit rezeki, ikut membantu menyebarkan program kegiatan di media sosial, atau dengan doa. *kegiatan-kegiatan, termasuk laporan keuangan bisa baca di websitenya http://kpajmakassar.org

Sembilan tahun sudah, dan saya masih menyayangi rumah ini. Selalu.

Tinggalkan komentar